• MASUK
  • No products in the cart.

EZtudia Bekali Ratusan Dosen APTIKOM Jabar Seni Mengajar Online

Penyedia layanan belajar online EZtudia bekerja sama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika & Komputer (APTIKOM) wilayah Jawa Barat mengadakan seminar bagi para Dosen Perguruan Tinggi Informatika & Komputer yang tergabung dalam APTIKOM.

Seminar yang bertema Digital Education Day ini dilaksanakan di Aula Otto Iskandar Dinata, Fakultas Teknik Universitas Pasundan (FT UNPAS) Bandung, pada tanggal 10 Februari 2016 kemarin.

Kerja sama antara EZtudia melalui program Digital Guru dengan APTIKOM Jabar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para Dosen terkait cara mengembangkan bahan ajar berupa modul digital yang terstruktur, menarik dan inovatif.

Saat ditemui di lokasi, Wakil Ketua APTIKOM Jabar, Solikin menyatakan bahwa kegiatan seminar ini dilasanakan dalam rangka updating perkembangan teknologi bagi segenap stakeholder APTIKOM khususnya para dosen di lingkungan Jawa Barat.

12662010_10205731448151439_1819672443004593671_n

“Seperti kita ketahui bahwa teknologi terus berkembang, dan dengan teknologi ini kita sedang dan akan bermigrasi dari dunia fisik menuju dunia virtual, hampir setiap peralatan dapat dikontrol melalui teknologi internet, penyimpanan data dalam sistem cloud. Jadi memang kehidupan ini akan bermigrasi”, terang Solikin.

“Dan dengan seminar ini APTIKOM Jabar berupaya untuk terus meng-update para stakeholder khususnya dosen-dosen agar bisa mengikuti perkembangan teknologi digital internet. Kali ini kita kerja sama dengan EZtudia sebagai motor penggerak pengembangan bahan ajar berbasis digital”, lanjutnya.

Bagi EZtudia, program Digital Guru ini adalah kali keduanya dilaksanakan di lingkungan Pendidikan Tinggi. Setelah sebelumnya, pada 2015 lalu diselenggarakan pelatihan serupa di Malang, Jawa Timur.

“Ini merupakan sebuah lengkah besar bagi EZtudia, melalui program Digital Guru ini, EZtudia berkomitmen untuk membangun ekosistem pembelajaran berbasis digital di lintas industri”, ujar Nasir Abdurachman, Chief Marketing Officer (CMO) EZtudia.

“Di lingkungan Industri Profesional, program Digital Guru bukan merupakan hal yang baru, di akhir tahun 2015 dan awal 2016 kemarin, kami melaksanakan program ini di BFI Finance Tangerang Selatan dan di Commonwealth Life Jakarta”, tambahnya.

Seminar yang berlangsung dalam satu hari ini diikuti oleh sekitar 200 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi daerah Jawa Barat. Selama kurang lebih 3 jam para peserta dibekali pengetahuan tentang cara mengembangkan bahan ajar berbasis digital yang terstruktur, menarik dan inovatif.

Dalam kesempatan yang sama, Penanggungjawab Program Digital Guru, Fitmasari mengatakan, seminar ini bertujuan untuk membekali para peserta khususnya dalam pembuatan bahan ajar digital dengan mengikuti standar Instructional Designer.

“Membuat bahan ajar digital itu tidak sulit, tetapi juga tidak mudah. Kami percaya para peserta sudah mampu membuat bahan ajar digital, terlebih mereka adalah Dosen yang memiliki latar belakang IT”, paparnya.

“Yang kami sampaikan dalam seminar ini lebih kepada panduan bagaimana membuat bahan ajar digital yang terstruktur, sehingga memudahkan pembelajar dalam memahami materi pelajaran. Dengan pendekatan self-pace learning yang berbasis pada teori Instructional Designer kami berharap bahan ajar digital yang dikembangkan dapat juga digunakan untuk pembelajaran mandiri”, lanjut Fitma.

Di dunia pendidikan, seminar ini merupakan langkah awal EZtudia dalam membangun ekosistem pembelajaran digital. Dengan adanya seminar ini diharapkan para dosen tergerak untuk mengembangkan bahan ajar digital yang berkualitas.

Lebih lanjut Nasir menerangkan bahwa untuk merespon perkembangan teknologi internet yang meroket, dunia pendidikan tidak boleh tinggal diam dan harus menyiapkan sebuah konsep pembelajaran yang mampu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

“Teknologi terus berkembang, bahkan sangat cepat dari yang dikira. Dunia pendidikan harus siap sedia menyambut perkembangan ini. Kalau tidak, maka akan jauh tertinggal di belakang. Seminar ini adalah awal, harapannya dengan seminar ini para Dosen tergerak untuk mau dan terbiasa membuat bahan ajar dengan bantuan teknologi digital. Lebih jauh di depan, kami sudah menyediakan platform online untuk berbagi bahan ajar atau modul, bahkan tidak hanya sekadar berbagi, tapi bisa to make money. Itulah yang kami namakan EZtudia.com”, jelas Nasir, penuh semangat.

Di sisi lain, para peserta juga sangat antusias dengan adanya seminar ini. Muchamad Ridwan misalnya, dengan latar belakang IT nya, ia mengatakan bahwa pelatihan ini mempermudah dalam menyusun dan merancang bahan ajar.

“Seminar ini sangat bagus, membuka cakrawala mengenai eLearning. Software nya sudah ada, sehingga kita tinggal pakai saja. Ini menarik bagi saya”, ujar Dosen Politeknik Kridatama Bandung ini.

Perlu diketahui, bahwa EZtudia melalui program Digital Guru saat ini tengah membuka pelatihan terkait Pengembangan Bahan Ajar Digital bagi pengajar ataupun praktisi training. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor berikut (021) 290 694 99.

424 tanggapan pada "EZtudia Bekali Ratusan Dosen APTIKOM Jabar Seni Mengajar Online"

    EZtudia

    EZtudia adalah sebuah platform digital yang menawarkan belajar online, dan kursus online bersertifikat di Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Belajar online di EZtudia dengan kursus online yang berkualitas dan terjangkau dari sumber yang benar-benar profesional.

    Bantuan

     support@eztudia.com

     +62 21 290 694 99